40 Kontestan Festival Tong Tong Meriahkan Hari Jadi ke 754 Kabupaten Sumenep

Budaya, Nasional, Sosial127 Dilihat

Maduraterkini.net, Sumenep – Setidaknya ada 40 grup tong-tong dari seluruh wilayah di Madura akan meriahkan Festival Musik Tong-tong se Madura pada 14 Oktober 2023 mendatang dan masuk dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Sumenep ke- 754 tahun 2023.

Penanggungjawab Festival Musik Tong-tong se- Madura Edi Susanto mengatakan bahwa dari 40 kontestan berasal dari 4 Kabupaten di Madura yang terdiri dari Kabupaten Sumenep 33 grup musik tong-tong, Kabupaten Pamekasan, 5 grup, sementara sisanya adalah perwakilan dari Sampang dan Bangkalan.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

“Tahun ini cukup banyak dari biasanya ya, kalau kemarin-kemarin hanya di angka 30 pesertanya, sekarang ada 40,” ujarnya, Jumat (06/10/2023).

Baca Juga :  Kabar Gembira ! Kemarau Kering Diprediksi Berakhir di Akhir Oktober 2023

Ia menambahkan pemberangkatan akan dilakukan sekitar pukul 19.00 WIB, dari area utara Taman Adipura Kota Sumenep, menuju Jalan Trunojoyo, Jalan Haperkus, Jalan Imam Bonjol, Jalan Agus Salim, hingga lokasi finish di depan Spektra.

“Gelaran ini akan lebih meriah daripada festival tahun lalu dengan banyaknya partisipan yang ikut serta dalam kegiatan ini,” tegasnya.

Lebih lanjut Edi menyebutkan untuk melihat tingkat kreativitas peserta, 40 grup tong-tong yang berpartisipasi akan membawakan satu dari dua lagu wajib, yakni Malate Pote dan Kembang Paseser, dan ditambah dengan lima lagu daerah pilihan.

Baca Juga :  MTS Ar- Rauslah Gelar Sekolah Alam dan Akselerasi Puisi

“Kami telah menampung berbagai masukan yang disampaikan oleh peserta. Sehingga ada novasi-inovasi dan kreatifitas baru yang bisa dihadirkan. Seperti, dekorasi grup musik Tong-tong yang lebih megah dan menarik,” tambahnya.

Sementara itu, untuk jumlah personil yang diperbolehkan masuk di area garis start dibatasi sebanyak 40 orang per grup. Termasuk, pemukul, pendukung dan penari.

Baca Juga :  Sisa Pembakaran Sampah, Kandang dan Dapur Ludes Terbakar

“Berdasarkan permintaan dari peserta dan menjaga kondusifitas selama kegiatan berlangsung, pihaknya akan melakukan blokade di garis start sehingga penonton tidak merangsek masuk dan mengganggu penampilan peserta,”tungkasnya. (*)