BMKG Sebut Gempa Di Sumenep Tidak Berpotensi Tsunami

Bencana161 Dilihat

Maduraterkini, Sumenep – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget Sumenep mencatat gempa bumi yang terjadi di Sumenep tidak berpotensi Tsunami, Kamis (12/05/2022) sekitar pukul 00.43 WIB.

Usman Khalid, Kepala BMKG Kalianget Sumenep mengatakan bahwa gempabumi tektonik berkekuatan Magnitudo 3,9 terjadi di Kabupaten Sumenep. Episenter gempa berada pada koordinat 6.89 Lintang Selatan dan 113.99 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km Timur Laut Sumenep pada kedalaman 10 kilometer.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (12/05/2022) pagi.

Sementara, berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi dirasakan  di Wilayah Kecamatan Batuputih, Sumenep dengan Skala Intensitas II – III MMI yang dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” jelasnya.

Hingga pukul 06:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tutupnya. (Yd/Adm)

Baca Juga :  Antisipasi Bencana di Musim Penghujan, BPBD Pamekasan Bangun Posko Kedaruratan