Cegah Penyebaran Virus PMK, Polisi Kawal Penyuntikan Vitamin Hewan Ternak

Maduraterkini, Pamekasan – Ps. Kapolsek Pademawu Iptu D. Riawanto bergerak cepat dalam menangani kasus Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang terjadi di Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Rabu (25/05/2022)

Ps. Kapolsek Pademawu Iptu D. Riawanto didampingi Banit Intelkam Polsek Pademawu dan Koordinator Paramedik Kecamatan Pademawu, turun langsung melakukan sosialisasi dan mengawal Penyuntikan Vitamin oleh Tim Kesehatan Hewan Kantor Ketahanan Pangan dan Pertanian Pamekasan terhadap 20 ekor Sapi milik M. Sidi dan Mistaj warga Dusun Mangunan Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Baca Juga :  Dinkes Pamekasan Belum Sebar Nyamuk Wolbachia Untuk Tekan DBD
“Hari ini kami melakukan peninjauan langsung untuk pengobatan hewan ternak dan Penyemprotan Asam Citrat/ Asam Garam ( Bio Security ) di seputaran kandang sapi dalam rangka mencegah virus PMK pada hewan ternak,” tegas Kapolsek Pademawu.

Sementara, Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto melalui Kasi Humas Polres Pamekasan AKP Nining Dyah Ps menjelaskan bahwa perlu kita ketahui bersama penyakit ini tidak menular ke manusia, melainkan menular ke sesama hewan saja.

“Kami tetap menghimbau kepada para pemilik maupun peternak untuk mengisolasi serta mengkarantina seluruh hewan ternak yang terjangkit maupun masih sehat guna memberikan proteksi sehingga penularan pada wabah ini bisa dikendalikan,” tegasnya.

Menurutnya, penularan virus PMK ini bisa terjadi lewat udara atau Airbone yang mirip dengan Covid-19 sehingga langkah antisipatifnya bisa lebih mudah tidak meluas nantinya.

“Tanda klinis penyakit PMK pada hewan ternak meliputi, demam tinggi (39-41 derajat celcius), keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa, Luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, tidak mau makan, kaki pincang, Luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku, sulit berdiri, gemetar, napas cepat, produksi susu turun drastis dan menjadi kurus,” pungkasnya. (Yd/Adm)