Sustanable Develpoment UMKM: STIE Bakti Bangsa Gelar Pelatihan Blue Ekonomic melalui Millenial Talent Hub

Maduraterkini.net, Pamekasan – Dalam Rangka Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bakti Bangsa menggelar Pelatihan Penerapan Blue Ekonomi melalui Millenial Talent Hub bagi Wirausaha Olahan Ikan di Pamekasan Pada, Selasa dan Rabu (26-27/09/2023) kemarin.

Pelatihan ini diinisiasi oleh Dosen STIE Bakti Bangsa, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat program pemberdayaan masyarakat pemula (PMP) yang sepenuhnya mendapatkan pendanaan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Untuk narasumber, STIE Bakti Bangsa dalam pelatihan tersebut menghadirkan Akademisi seligus Pegiat Lingkungan Wilayah Madura dan anggota Himpunan Ahli Pengelolaan Pesisir Indonesia yaitu Dr. Endang Tri Wahyu rini, S.Pi., M.Agr. Untuk Narasumber Pelatihan Digital Marketing dan Webset menghadirkan Fasilitator Wirausaha Baru Kabupaten Pamekasan yang dilegasikan oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Naker sedangkan Narasumber Desan grafis disampaikan oleh Khusnol Khawatin, S.E F(ounder AK Desains dan Penggiat Media Sosial).

Musoffan selaku Ketua Pengusul dalam kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud konkret untuk mengembangkan usaha olahan ikan dengan sustanable develpoment (pengembangan berkalanjutan) yaitu memproduksi olahan ikan dengan meminimalisir limbah atau zero waste , selain itu para pengolah ikan Barokah Putri Nelayan Tlesah berkolaborasi dengan Millenial Talent (Millenial Talent Hub) untuk memasarkan Produk dengn Media internet dan Webset serta Mendesain Produk olahan ikan dengan Desain Produk untuk mengoptimalisasi pemasaran

“Jadi kegitan ini merupakan kegiatan pengolahan ikan tampa limbah dan rebranding produk serta pendekatan digital marketing dan Desain Produk untuk peningkatan dan perluasan pangsa pasar” ujarnya.

Sementara Tim Mitra Poklahsar Barokah Putri Nelayan Tlesah berterimakasih kepada STIE Bakti Bangsa. Sebab, UMKM yang digelutinya sudah dibantu untuk meningkatkan produktivitasnya serta promosi dan marketingnya melalui Pelatihan Penerapan Blue Economy melalui Millenial Talent Hub bagi Wirausaha Olahan Ikan.

Baca Juga :  Sempat Dilaporkan Hilang, Dompet Milik Rofiqi Ditemukan Pendengar Permata FM

Melalui pelatihan ini, terang Holifah (sekretaris Mitra), dirinya bisa mengetahui penerapan Blue Economi dalam proses produksi olahan ikansehinga proses produksi olahan ikan ramah lingkungan, bebas limbah dan berkelanjutan selain itu ia menambahkan penggunaan media internet sebagai media pemasaran baik berbasis website dan penggunaan digital marketing untuk menunjang percepatan dan memperluas pemasaran.

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada STIE Bakti Bangsa, yang sudah membina kami mulai dari Penerapan Blue Economy hingga pendampingan digital marketing,” tukasnya. (Azm/Zyd).